Scema pada OLAP

Ada beberapa macam schema yang dapat digunakan untuk membangun OLAP, yaitu :

1.  Star schema
Schema dimana data warehouse terdiri dari satu tabel pusat yang besar (fact tabel).Ada satu table untuk tiap dimensiPada star schema, satu dimensi diwakili oleh satu tabel dan masing-masing tabel diwakili oleh beberapa atribut.

                                                                                     contoh schema star

2.  Snowflake schema  
merupakan relational database yang digunakan OLAP dimana table-table dimensi tidak terdapat data yang di denormalisasi. Dengan kata lain satu atau lebih table dimensi tidak bergabung secara langsung kepada table fakta tapi pada table dimensi lainnya.
Ada mekanisme normalisasi tabel dimensi pada schema iniSchema juga mudah untuk dimaintain dan butuh kapasitas penyimpanan yang relatif lebih kecil.Efektifitas browsing/select data berkurang karena harus melibatkan banyak kueri dari berbagai macam tabel.

                                                                      contoh schema snowflake

Penggunaan kedua schema tersebut bergantung dari kondisi data yang dipelajari. Schema snowflake mendukung pemeliharaan dimensional tabel yang lebih mudah. Jika atribut dimensi sering diupdate, maka lebih baik dibuat dimensi snowflake. Sedangkan star lebih mudah diakses pengguna dan mendukung query yang lebih sederhana dan efisien. Lebih baik membuatschema star daripada schema snowflake jika ingin mempresentasikan kepada pengguna.

Komentar