Apa yang membuat PT.Pos masih tetap bertahan ??

Siapa yang tidak mengenal PT.Pos saat ini, ya mungkin ada sebagian dari kita masih menganggap bahwa PT.Pos yang sejatinya milik BUMN ini hanya memiliki layanan untuk mengirim surat atau mungkin barang . Namun saat ini Anak perusahaan Negara tersebut telah memiliki berbagai macam layanan pengiriman keuangan seperti pos pay dan wesel pos.

"tidak ada tambahan modal, tidak ada penyertaan modal dari pemerintah, dan tidak ada penjualan aset, PT.Pos bisa bangkit lagi dan mencetak laba" setyo

Lalu apa yang mebuat PT.Pos masih tetap bertahan ??
Marketing,, Yaa Pemasaran menjadi akar kuat ditengah badai yang menyelimuti PT.Pos.
Berikut penjelasanya :
PT.Pos sebelumnya masih memiliki banyak perseolan didalam lingkungan organisasi mereka sendiri, seperti Bisnis yang masih tradisional, SDM yang kurang bermutu, dan Infrastruk IT yang masih menjadi "hantu" bagi para pegawai.
Disini lah peran dari seorang bapak Setyo Riyanto yang dipercaya menjadi Direktur Marketing pertama dari PT.Pos, ya yang pertama karna sebelumnya PT.Pos tidak mengenal apa itu marketing.

Apa yang beliau lakukan ??
1. Menciptakan brand-brand yang kuat seperti Pos Express, Pos kilat khusus, Pospay, Express mail service dll.

2.Memperbaiki infrastruktur IT, di 3.849 kantor pos di indonesia ada lebih 5.500 kantor pasang Very Small Aparture Terminal(VSAT) yang berfungsi mengirim dan meneriam data dari satelit.

3. Memerpbaiki SDM, PT.Pos melakukan pendekatan kepada 29.700 pekerja dengan cara melakukan pendekatan dengan cara kekeluargaan, mereka menjelaskan apa yang sedang dihadapi oleh perusahaan, beliau tidak ingin PT.Pos Indonesia hanya tinggal nama seperti saudara Pos mereka di Denmark, Kanada, Amerika, Selandia baru, dan juga Malaysia.

Berhasilkah ???
Lihat PT.Pos disekitar kita sekarang, mereka masih beroprasi dalam persaingan , semetara regulasi pasar semakin terbuka.


  • Masih bertahanya layanan mereka hingga saat ini,
  • Keutungan PT.Pos sekitar 37% berasal dari penerapan IT
  • SDM yang lebih berkualitas, serta berkembangnya komunitas yang ada di PT.Pos 
  • the most trusted public service company, versi Mark Plus
hasil itu semua adalah cermin dari kerja keras PT.Pos untuk tetap bertahan, dan kedepanya menurut Setyo selaku direktur marketing ditahun 2015 PT.Pos ingin network bagi masyarakat dan juga perusahaan menjadi enabler bagi seluruh entitas bisnis yang ada di indonesia .

Lalu apakah penerapan IT sudah berhasil pada PT.Pos ????

sumber : http://bumntrack.co.id/?ForceFlash=true#/blog/Marketing-Track-Mengubah-Ancaman-Menjadi-Peluang.html

Komentar